Kopi Arabika Dan Robusta

Di negara indonesia terdapat 2 varietas kopi yang cukup terkenal yaitu kopi jenis arabika dan jenis robusta. Kedua varietas kopi ini memiliki rasa aroma yang berbeda dan sangat khas.

Ada beberapa perbedaan antara kopi arabika dan robusta :

  • Kandungan Kafein

Secara ilmiah kopi robusta memiliki kandungan kafein lebih tinggi dari kopi jenis arabika. Indonesia mayoritas penduduknya adalah penikmat kopi robusta. Peminat arabika lebih sedikit.

  • Rasa Dan Aroma

Rasa kopi robusta cenderung lebih berat dan terasa, karena memang jumlah kandungan kafein yang ada di dalam biji lebih tinggi dibandingkan kopi arabika. Itu yang menyebabkan kopi robusta mempunyai rasa lebih pahit di bandingkan kopi arabika yang memiliki rasa asam.

  • Bentuk Biji

Terdapat perbedaan ukuran dn bentuk biji antara kopi arabika dan robusta. Biji kopi robusta mempunyai ukuran yang lebih kecil di bandingkan dengan jenis kopi arabika. Dari segi bentuk robusta mempunyai ukuran lebih bulat, dan arabika cenderung lonjong.

  • Harga

Dari segi harga kopi arabika lebih tinggi di bandingkan dengan kopi robusta. Dikarenakan varietas bibitnya yang mahal dan proses perawatan saat penanaman yang cukup sulit. Membuat harga jauh lebih tinggi bahkan mencapai 2 kali lipat harga kopi robusta.

  • Peminat

Indonesia mempunyai jumlah peminat kopi arabika dan robusta dengan jumlah yang hampir seimbang, karena mungkin orang indonesia zaman dahulu mayoritas lebih menyukai kopi jenis robusta, tetapi sekarang di era modern ini banyak anak muda yang suka sekali nongkrong di coffee shop yang mayoritas menjual kopi arabika. Dengan harga yang lebih tinggi dari kopi jenis robusta.