Mutu Kopi

Croaster Coffee mengklasifikasikan beberapa tingkatan dan kriteria penentuan kualitas biji kopi Arabika dan Robusta :

  1. Biji Kopi Specialty (Grade 1)

Sesuai dengan namanya biji kopi specialty adalah biji kopi yang di perlakukan secara spesial dalam proses penanaman, panen, dan pengolahannya. Biji Kopi specialty di panen ketika biji masih menggantung di pohon dan masih berwarna merah, ketika proses panen biji kopi specialty membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan harus teliti dalam pemilihan biji kopinya.

Biji kopi yang hanya di panen dari satu perkebunan, jadi tidak di campur dengan hasil panen perkebunan lain walaupun masih dalam satu daerah, tujuannya untuk benar –benar mengetahui rasa aroma asli dari biji kopi tersebut.

Untuk biji kopi specialty ada batasan cacat maksimal yang harus di penuhi sesuai dengan standart kualitas kopi, dari total biji kopi utuh. Harga biji kopi specialty sedikit lebih mahal, karena proses pengolahan dan pemilihan kopi yang cukup sulit. Kopi specialty biasanya di jual di coffee shop elit seperti omah kopi, coffee toffee dan starbuck.

Spesifikasi Biji Kopi Specialty (Grade 1) :

Defect             : 0% – 5%

Varietas          : Arabika Dan Robusta

Kadar air        : 12%

Kebutuhan     : Ekspor, Coffee Shop

Asal                 : 1 Perkebunan

Panen             : Biji Merah

Harga              : Di atas Rp. 300.000,- (Arabika Roasted Bean)

                         : Di atas Rp. 100.000,- (Robusta Roasted Bean)

————————————————————————————————————————————————————————–

  1. Biji Kopi Premium (Grade 2)

Biji kopi premium mempunyai kualitas kopi sedikit di bawah biji kopi specialty. Dari segi harga juga di bawah harga biji kopi tipe specialty. Kopi premium biasanya di jual di café – café kelas menengah, dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Dari segi rasa juga di bawah tipe specialty, kopi premium ini di kumpulkan tidak hanya dari satu perkebunan saja, tetapi sudah di kumpulkan dan di campur dari beberapa perkebunan, tetapi masih dalam satu wilayah. Misalnya kopi flores manggarai. Berarti kopi berasal dari seluruh perkebunan kopi yang ada di flores manggarai yang di kumpulkan menjadi satu.

Proses panen kopi premium berbeda dengan proses panen pada biji kopi tipe specialty. Pada proses panen kopi tipe premium, dilakuka ketika kopi sudah berwarna kuning dan mungkin sudah jatuh di bawah pohon kopi.

Proses panen dan pengolahan itu yang membedakan kopi premium dan specialty, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda dari cara dan proses panennya.

Spesifikasi Biji Kopi Premium (Grade 2) :

Defect             : 5% – 10%

Varietas         : Arabika Dan Robusta

Kadar air        : 12-%

Kebutuhan     : Cafe, Coffee Shop, Hotel, Restoran (Roasted Bean)

Asal                 : lebih dari satu perkebunan yang masih dalam satu area

Panen             : Biji Kuning

Harga              : Di atas Rp. 200.000,- (Arabika Roasted Bean)

                         : Di atas Rp. 70.000,- (Robusta Roasted Bean)

———————————————————————————————————————————————————————–

  1. Biji Kopi Asalan (Grade 3)

Biji kopi asalah merupakan biji kopi dengan kualitas kopi rendah, di bawah biji kopi kelas premium. Penentuan kualitas biji kopi asalah juga di lihat dari segi cacat, bentuk, kadar air, daerah, proses panen dan pengolahannya.

Biji kopi asalan ini di kumpulkan dari banyak perkebunan dan banyak area dalam satu kota misal satu kota gayo. Proses panen biji kopi asalan ketika buah biji kopi sudah jatuh di bawah pohon berwarna kuning dan cokelat.

Harga biji kopi asalan tergolong murah, karena proses panen dan pengolahannya tidak membutuhkan prosedur yang sulit. Serta tidak perlu perlakukan khusus untuk tipe kopi ini.

Tipe biji kopi asalan ini biasanya banyak di jual di pasar, dan masih cukup banyak peminatnya untuk kopi grade asalan. Dan cocok jika untuk kopi grade asalan di jual di warung dan café rakyat dengan harga yang murah.

Spesifikasi Biji Kopi Asalan (Grade 3) :

Defect             : 10% – 25%

Varietas          : Arabika Dan Robusta

Kadar air        : 12% -20%

Kebutuhan     : Warung, Café (Roasted Bean)

Asal                : banyak perkebunan di beberapa area dalam satu kota

Panen             : Biji Kuning Dan Cokelat

Harga              : Di bawah Rp. 200.000,- (Arabika Roasted Bean)

                         : Di bawah Rp. 70.000,- (Robusta Roasted Bean)

Indonesia mempunyai banyak lokasi dan area pegunungan dengan ketinggian tertentu yang cukup bagus untuk membudidayakan tanaman kopi indonesia. Indonesia mampu menghasilkan panen kopi ratusan ton biji kopi arabika dan robusta per-tahunnya.

Kopi arabika dan robusta nusantara, sudah banyak masuk di pasar komoditi lokal dan internasional, ada beberapa negara tujuan ekspor kopi nusantara antara lain Malaysia, Vietnam, Singapura, Amerika, Inggris, Perancis, Finlandia, Hongkong, Taiwan, Korea, Jepang, Arab Saudi, Selandia Baru, Dan Australia.